1.
Sistem
Informasi Global
Sistem
informasi global adalah sebuah sistem dari jaringan-jaringan yang melintasi
batas-batas negara. Definisi lain dari Sistem Informasi Global adalah sebuah
sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk penyimpanan,
pengambilan, pemetaan dan analisis data geografis.
Dari
segi definisi penggunaan Sistem informasi global adalah sistem informasi yang
berbasis komputer yang melintasi batas batas negara dimana perusahaan
multinasional dengan sistem tersebut bisa mengintegrasikan seluruh kegiatan
perusahaan seperti penyusunan strategi, pelaksanaan operasi antara perusahaan
induk dengan perusahaan cabangnya bahkan yang di mana perusahaan cabangnya
telah tersebar di berbagai negara lainnya.
2.
Riset
Pemasaran
· Pengertian Riset Pemasaran
Riset pemasaran merupakan suatu
kegiatan yang sistematik dan mempunyai tujuan dalam hal pengindentifikasian
masalah, peluang, pengumpulan data, pengolahan dan penganalisisan data,
penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu manajemen dalam rangka
pengambilan keputusan identifikasi dan solusi yang efektif-efisien di bidang
pemasaran perusahaan. Riset pemasaran dilakukan
secara objektif dan tidak memihak serta berusaha untuk menyediakan informasi
akurat yang mencerminkan keadaan kejadian yang sebenarnya. Informasi yang
akurat dan objektivitas hasil riset akan sangat membantu manajemen dalam
membuat keputusan yang dinilai terbaik. Perencanaan sistematis diperlukan pada
seluruh tahap proses riset pemasaran mengingat bahwa riset pemasaran merupakan
suatu rangkaian kegiatan yang sistematik.
· Tujuan Riset Pemasaran
Seseorang
melakukan riset pemasaran dalam beberapa
permasalahan tentunya memiliki sebuah tujuan untuk mencapai target yang telah
ditentukan. Berikut beberapa tujuan dari riset pemasaran :
a. Mendapatkan
informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara obyektif kenyataan yang
ada.
b. Bebas
dari pengaruh keinginan pribadi.
c. Identifikasi
, meliputi kegiatan mulai dari masalah menajemen sampai merumuskannya kedalam
bentuk maslaah riset pemasaran (Marketing research problem).
d. Menggunakan
metode yang tepat dalam pengumpulan data risetnya
e. Menggunakan
analisis yang tepat.
f. Interpretasi.
· Contoh
Riset Pemasaran
Adapun contoh riset
pemasaran sangat banyak ditemukan dan hampir pasti akan dilakukan oleh tiap
pelaku usaha. Contoh sederhana adalah apabila kita hendak berjualan pulsa, maka
kita lakukan survey terlebih dahulu berapa harga pulsa di pasaran. Tujuannya
agar kita bisa menetapkan harga sesuai standar pasar, tidak terlalu rendah dan
tidak terlalu tinggi.
Contoh riset pemasaran
produk minuman juga tidak jauh berbeda. Misalnya kita hendak menjual es, maka
kita lakukan survey es apa yang diminati masyarakat, lokasi berjualan yang
strategis serta harga yang bisa terjangkau oleh sasaran konsumen.
3.
Teknik
Analisis Riset Pasar Internasional
a. Analisis
pola permintaan à Pola pertumbuhan industri dapat
membantu pemahaman mengenai permintaan pasar.
b. Pengukuran
elastisitas pendapatan à Elastisitas pendapatan menguraikan
hubungan antara permintaan akan barang & perubahan dalam pendapatan.
c. Perkiraan
dengan analogi à Perbandingan lintas bagian dengan
mengasumsikan bahwa terdapat analogi antara hubungan suatu factor dengan
permintaan produk atau komoditi tertentu dalam 2 negara.
d. Menggeser
urutan waktu kejadian à jika data tersedia di 2 pasar dengan
tingkat perkembangan yang berbeda.
e. Analisis
perbandingan. Ada 3 kategori dasar :
- Perbandingan
nasional, baik intra perushaan maupun antar perusahaan.
- Perbandingan dalam
perusahaan lintas nasional.
- Perbandingan
didasarkan pada pasar nasional subnasional.
f.
Analisis kelompok / cluster analysis à Tujuannya
adalah membagi-bagi beberapa ariabel ke dalam kelompok-kelompok untuk
memaksimalkan persamaan dalam kelompok & perbedaan antar kelompok.
g. Indeks factor berganda / multiple factor
index.
h. Analisis regresi.
4.
Segmentasi
Pasar Global
Segmentasi pasar global
didefinisikan sebagai proses mengidentifikasi kelompok atau kumpulan pelanggan
potensial pada tingkat nasional maupun sub nasional yang kianya mempunyai
persamaan tingkah laku dalam membeli. Sekarang ini , para agen periklanan &
perusahaan global cenderung mensegmentasikan pasar dunia berdasarkan pada
beberapa kriteria kunci :
a. Demografis
à
Didasarkan pada karakteristik populasi yang dapat diukur ari seperti umur,
jenis kelamin, pendapatan, pendidikan & pekerjaan.
b. Psikografis
à
Proses pengelompokan orang dalam arti sikap, nilai-nilai yang dianut, dan gaya
hidup à idealis, materialis, tradisional.
c. Karakteristik
tingkah laku & manfaat yang dicari. à Tingkah laku :
memfokuskan pada apakah orang akan membeli & menggunakan suatu produk atau
tidak, disamping seberapa sering & berapa banyak yang dipakainya. Konsumen
dapat dikategorikan menurut tingkat penggunaan, mis : pengguna berat , sedang,
ringan, bukan pengguna. Atau menurut status pengguna, mis : pengguna potensial,
bukan pengguna, mantan pengguna, pengguna regular, pengguna pertama kali, dan
pengguna produk pesaing.
Manfaat
yang dicari : manfaat yang ditawarkan suatu produk tanpa memperdulikan wilayah
geografisnya.
5.
Menentukan
Posisi Produk di Pasar Global
Pemasaran menentukan
posisi yaitu suatu proses yang dipakai oleh perusahaan untuk menetapkan suatu
citra dibenak konsumen relative, terhadap citra produk yang ditawarkan oleh
pesaing.
· Menentukan
posisi teknologi tinggi ( Hi-tech Positioning )
Komputer pribadi ,
video & peralatan stereo, serta mobil merupakan contoh kategori produk
dengan menentukan posisi teknologi tinggi terbukti efektif. Produk seperti ini
sering kali dibeli atas dasar sifat –sifat produk yang konkret walaupun citra
mungkin juga penting. Pembeli biasanya sudah mempunyai atau berkeinginan
memperoleh informasi teknis yang cukup banyak. Dibagi 3, yaitu :
a. Produk
teknis : computer, bahan kimia. Contoh produk yang pembelinya mempunyai
kebutuhan tertentu, perlu banyak informasi serta mempunyai bahasa yang sama.
Mis : pembeli computer di Eropa & Amerika mempunyai pengetahuan yang setara
mengenai mikroprosesor 486, hard dis 80 mega, 8 mega RAM.
b. Produk
untuk peminat khusus. Produk ini tidak terlalu teknis & lebih berorientasi
pada waktu luang atau rekreasi, mempunyai karakteristik pengalaman yang serupa
& keterlibatan pengguna yang tinggi. Bahasa yang sama & symbol yang
berkaitan dengan produk seperti itu dapat mengatasi hambatan bahasa &
budaya. Peralatan olah raga adidas, kamera Canon, contoh produk untuk peminat
khusus yang sukses.
c. Produk
yang dapat ditunjukkan kegunaannya. Produk yang berbicara untuk dirinya sendiri
dalam iklan sifat & dan manfaatnya juga berjalan dengan baik. Kamera instan
Polaroid merupakan contoh produk global yang dapat ditunjukkan kegunaannya
& amat sukses.
· Menentukan
posisi sentuhan canggih ( Hi-touch positioning )
Kurang memerlukan
penekanan pada informasi khusus & lebih menekankan pada citra. Pembeli
produk sentuhan canggih juga mempunyai bahasa yang sama & sekumpulan symbol
yang berkaitan dengan tema kesejahteraan, materialism, & romantisme . Ada
3, yaitu :
a. Produk
yang memecahkan masalah umum. à Kategori ini menyediakan manfaat yang
berkaitan dengan moment kecil dalam kehidupan . Iklan yang menayangkan
percakapan diantara teman di kafe sambil minum secangkir kopi atau
menghilangkan dahaga dengan minuman ringan disiang hari ditepi pantai
menempatkan produk dipusat kehidupan sehari-hari & mengkomunikasikan
manfaat yang ditawarkan dengan cara yang dipahami diseluruh dunia.
b. Produk
desa global. à
Wangi-wangian chanel, pakaian mode pendesain, air mineral & pizza merupakan
contoh baik dari produk yang mempunyai posisi alami kuat diseluruh dunia. Dalam
pasar globalproduk mungkin mempunyai daya tarik global hanya berdasaarkan pada
Negara pembuatnya. Ke-Amerika-an dari Levis, Marlboro, & Harley-Davidson.
Sony merupakan nama yang sinonim dengan mutu Jepang, Mercedes merupakan
perwujudan insinyur Jerman yang legendaries.
c. Produk
yang menggunakan tema universal à Beberapa tema
iklan & daya tarik produk dipikirkan cukup mendasar sehingga benar bersifat
transnasional. Tema tambahan adalah materialissme ( kunci untuk citra oang kaya
& status ), kepahlawanan ( tema termasuk individu sederhana atau
pengorbanan diri ) bermain ( waktu luang / rekreasi ) & prokreasi ( citra
masa pacaran & romantisme )
Perlu
dicatat bahwa beberapa produk dapat diposisikan dengan lebih dari 1 cara. Misal
: camera canggih dapat diklasifikasikan à produk teknik & untuk peminat
khusus. Produk lain mungkin diposisikan dalam mode bi-polar artinya sebagai
produk berteknoloogi tinggi sekaligus sentuhan canggih.
Sumber :
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar